IMG_1830Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai potensi sumberdaya perikanan dan kelautan sangat besar. Dengan luas perairan 5,8 juta km2 dan gugusan pulau-pulau sebanyak 17.480 dengan panjang pantai 95.181 km (Antara, 2009), Indonesia dapat diberdayakan dan dikembangkan untuk berbagai aktivitas perikanan dan pemanfaatan sumberdaya hayati akuatik. Potensi produksi perikanan laut (tangkap) diperkirakan mencapai 6,26 juta/tahun dan belum optimal dimanfaatkan. Namun demikian, meskipun sumberdaya perikanan termasuk dalam sumberdaya terpulihkan (renewable resources), tetapi dalam eksplorasi, eksploitasi, konservasi, dan rehabilitasinya harus dilakukan secara baik dan didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen agar dapat dimanfaatkan secara optimal, lestari, berkelanjutan dan menyejahterakan. Oleh karena itu, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perikanan (Prodi MSP), sebagai bagian dari perguruan tinggi perikanan dan kelautan di Indonesia, berkomitmen untuk berperan aktif dan turut serta dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional, tangguh, unggul dan bermoral dalam bidang pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan.

Untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten tersebut, Prodi MSP menetapkan sistem pendidikan dan penerapan kurikulum yang terstruktur dan ditinjau secara berkala. Beberapa pengetahuan dan ilmu pokok yang ditujukan menjadi bekal utama dalam kemampuan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan antara lain analisis lingkungan perairan, prinsip-prinsip manajemen sumberdaya perikanan untuk pengelolaan yang berkelanjutan, kemampuan manajerial yang berkeadilan dan berpihak pada rakyat, pemahaman hukum dan peraturan perundangan, serta kemampuan komunikasi efektif dan sintesis informasi.

Organisasi Pengelola Program Studi

Ketua : Dr. Ir. Djumanto, M.Sc.
Sekretaris : Dr. Eko Setyobudi, S.Pi., M.Si.
Komisi KL : Dr. Ir. Djumanto, M.Sc.
Komisi Seminar : Dr. Eko Setyobudi, S.Pi., M.Si.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan intemasional dengan melakukan program-program untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam manajemen sumberdaya perikanan guna melahirkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya dan bermoral.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi perikanan yang berkualitas dalam rangka berperan serta dalam mendidik dan membangun serta memelihara integritas bangsa.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi manajemen sumberdaya perikanan yang berkelanjutan dan bertanggungjawab melalui pengembangan pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang manajemen sumberdaya perikanan, tangguh, unggul, bermoral, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional dengan tetap mendasarkan diri pada jatidiri bangsa.
  4. Menjalin kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan lembaga pendidikan tinggi lain, pemerintah, dunia usaha dan industri serta lembaga-lembaga lainnya baik dalam maupun luar negeri.
  5. Meningkatkan kualitas manajemen organisasi secara terus-menerus untuk mendukung kegiatan dan layanan.

Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perikanan adalah menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana perikanan yang memahami dan mampu menerapkan serta mengembangkan ilmunya dalam mengelola sumberdaya perikanan secara rasional, bertanggung jawab, dan berkelanjutan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan pelestarian sumberdaya ikan.

Kompetensi Lulusan

  • Knowledge and Understanding
    1. Memahami karakter sumberdaya ikan dan perairan
    2. Memahami konsep dan keragaman manajemen sumberdaya perikanan
    3. Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengelola sumberdaya perikanan
  • Intellectual (Thinking) Skills
    1. Menguasai gatra teknis, biologi, ekologi, sosial, ekonomi dan politik manajemen sumberdaya perikanan
    2. Memahami sarana dan prasarana kegiatan perikanan dan pengelolaannya
    3. Mampu melakukan penelitian mengenai sumberdaya perikanan dan pengelolaannya
  • Practical Skills
    1. Mampu merancang dan mengimplementasikan konsep manajemen sumberdaya perikanan
    2. Mampu mendayagunakan sarana dan prasarana manajemen sumberdaya perikanan
    3. Menguasai ragam pengelolaan sumberdaya perikanan
    4. Mampu melaksanakan pengembangan masyarakat
  • Managerial Skills
    1. Mampu menghitung dan menganalisis sosial, ekonomi dan ekologi pemanfaatan sumberdaya perikanan
    2. Menguasai berbagai perangkat kebijakan, hukum dan perundang-undangan dalam pengelolaan sumberdaya
    3. Menguasai permasalahan-permasalahan lapangan dan dapat menggunakan untuk merancang model pengelolaan sumberdaya perikanan
    4. Mampu bersaing dan bekerjasama inter dan antar disiplin ilmu

Prodi MSB - P1010041 - Copy DSC07152 II.10