IMG_5017Produk perikanan memiliki karakter mudah rusak (highly perishable) dan produksi yang kadang berfluktuasi, karena itu ilmu dan teknologi penanganan pasca panen dan pengolahan hasil perikanan menjadi kebutuhan. Di sisi lain, permintaan hasil perikanan juga terus meningkat, bahkan diproyeksikan pada tahun 2015 ini masyarakat dunia perlu menemukan berbagai upaya untuk mencukupi kekurangan hasil produk pangan ikan yang diperkirakan mencapai 5 juta ton. Pendirian Prodi THP didorong atas besarnya potensi sumberdaya dan produksi perikanan yang ada di negara ini, belum dimanfaatkan secara maksimal, khususnya peningkatan nilai tambah (value added) produk perikanan melalui teknologi pasca panen atau pengolahan hasil perikanan. Di era perdagangan bebas mutu produk merupakan faktor utama penentu keberhasilan dalam persaingan pasar. Kebutuhan sumberdaya manusia  yang masih besar untuk menangani hal tersebut mendorong Prodi THP berkomitmen ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat dalam bidang pengolahan dan perdagangan hasil perikanan.

Organisasi Pengelola Program Studi

Ketua : Prof. Dr. Ir. Ustadi, M.P.
Sekretaris : Dr. Siti Ari Budhiyanti, S.TP., M.P.
Komisi KL : Dr. Siti Ari Budhiyanti, S.TP., M.P.
Komisi Seminar : Wahdan Fitriya, S.Pi., M.Sc.

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan yang handal, berkualitas tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi hasil perikanan, berbudi luhur, mempunyai integritas tinggi, cinta tanah air dan diakui masyarakat.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi perikanan yang berkualitas dalam rangka berperan serta dalam mendidik, membangun dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Menghasilkan lulusan yang tangguh, unggul, berbudi luhur, dan mampu bersaing di tingkat internasional dengan tetap mendasarkan diri pada jati diri bangsa.
  3. Menggalang kemajuan penelitian yang menopang pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi penanganan dan pengolahan hasil perikanan dalam rangka pemanfaatan sumber daya ikan dan kelautan secara optimal, lestari, dan bermanfaat.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berlandaskan tanggung jawab sosial.
  5. Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan lain, dunia usaha, dan industri.
  6. Meningkatkan kualitas manajemen secara terus menerus untuk mendukung kegiatan dan layanan.

Tujuan Program Studi

  1. Menjadi penyelenggara pendidikan program sarjana yang handal ditingkat nasional dan internasional dalam bidang ilmu Teknologi Hasil Perikanan.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas sebagai sarjana yang aktif dalam pembangunan dan pengembangan produk perikanan serta pemasarannya.
  3. Mengembangkan ilmu dan teknologi pasca panen untuk menghasilkan produk-produk perikanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan ramah lingkungan.
  4. Berperan serta dalam pembangunan kelautan dan perikanan dalam aspek pengembangan dan perdagangan produk-produk perikanan.
  5. Memberdayakan pedagang dan pengolah produk-produk perikanan baik secara mandiri maupun melalui kerjasama dengan swasta atau instansi lain.

Secara khusus tujuan program studi adalah menghasilkan Sarjana Perikanan yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi hasil perikanan dalam kegiatan penanganan, pengawetan, pemanfaatan dan pengolahan hasil perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kompetensi
A. Kompetensi utama lulusan

Menjadi Sarjana Perikanan yang mampu

  1. Mengetahui, memahami, menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS pascapanen perikanan yang berwawasan lingkungan.
  2. Merencanakan, menerapkan, dan mengembangkan industri dan bisnis pascapanen perikanan serta pemberdayaan masyarakat.
  3. Merencanakan, menerapkan, dan menyebarluaskan kaidah-kaidah manajemen mutu untuk menghasilkan produk perikanan berdaya saing tinggi.

B. Kompetensi pendukung lulusan

Menjadi Sarjana Perikanan yang mampu:

  1. Memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi manajemen sumberdaya perikanan dan budidaya perikanan.
  2. Memahami hukum dan perundang-undangan yang terkait dengan industri perikanan dan kelautan.
  3. Mampu mengelola sumberdaya perikanan secara lestari untuk kesejahteraan rakyat.
  4. Memahami isu-isu global tentang perdagangan hasil perikanan.

C. Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Mengetahui dan memanfaatkan success skill (berkomunikasi, bernegosiasi, dan problem solving, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara efektif.

IMG_5151 IMG_5217 IMG_5316