Laboratorium Ekologi Perairan

IMG_5230Laboratorium memiliki fungsi utama memberikan pelayanan kepada para mahasiswa, baik S1, S2 maupun S3  dalam melaksanaan praktikum atau penelitian, serta para dosen yang memerlukan. Untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian dan layanan masyarakat, Laboratorium Ekologi Perairan dilengkapi dengan berbagai peralatan antara lain water sampling equipment, mikroskop, spektrofotometer, dan peralatan lainnya.

Berbagai penelitian telah dilakukan oleh Laboratorium Ekologi Perairan yang berkaitan dengan konsep komunitas dan ekosistem yaitu inventarisasi dan identifikasi biota pada berbagai perairan, analisis kualitas dan produktivitas perairan, serta kajian pencemaran lingkungan. Penelitian ini dibiayai secara mandiri, dana Fakultas Pertanian maupun hibah perguruan tinggi dan Dikti.

ekoper1Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Laboratorium Ekologi Perairan dapat memberikan bantuan layanan konsultasi atau analisis kualitas air seperti O2 terlarut, CO2 bebas, BOD5, alkalinitas, kesadahan, salinitas, pH, suhu, total suspended solids (TSS), total dissolved solids (TDS), fosfat dan nitrat. Selain analisis kualitas air, laboratorium melayani identifikasi organisme air meliputi plankton, bentos, hidrofita (tumbuhan air), ikan, alga, dan lamun.