Laboratorium Hidrobiologi

IMG_5243Laboratorium hidrobiologi merupakan salah satu laboratorium yang ada di Jurusan Perikanan. Seperti halnya laboratorium lain, laboratorium ini mempunyai fungsi utama untuk pendidikan, penelitian, dan sarana pengabdian kepada masyarakat. Fungsi pendidikan secara nyata dapat dilihat dari peran laboratorium ini dalam penyelenggaraan praktikum yang merupakan kegiatan tidak terpisahkan dengan kegiatan perkuliahan. Dalam bidang penelitian, selain digunakan untuk penelitian mahasiswa S1, S2 dan S3 dalam rangka menyelesaikan tugas akhir, juga melakukan penelitian dosen yang didanai dari hibah  Fakultas Pertanian UGM, hibah nasional (Dikti) maupun maupun internasional. Penelitian yang dilakukan di laboratorium ini mempunyai tema utama pemanfaatan senyawa bioaktif dari organisme laut (terutama rumput laut, avertebrata, dan mikroorganisme). Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, laboratorium ini melakukan pelatihan minimal sekali setiap semester dengan peserta dari staf pengajar perguruan tinggi dan peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tema-tema pelatihan yang dilaksanakan antara lain: eksplorasi senyawa aktif dari laut, bioprospekting senyawa bioaktif dari laut, hematologi ikan, evaluasi pertahanan non-spesifik ikan, dan high throughput screening senyawa bioaktif dari laut.

Peralatan yang tersedia di laboratorium ini adalah refrigerated centrifuge, microplate reader, spectrophotometer, mikroskop yang dilengkapi dengan kamera dan monitor, rotary evaporator, kromatografi kolom, kromatografi lapis tipis, refrigerator, freezer, mikropipet dan berbagai macam peralatan gelas serta peralatan kultur mikroorganisme dan analisis DNA.

Luaran dari laboratorium ini antara lain: beberapa jenis baru rumput laut edible, fucoidan dan alginate untuk  immunostimulan, serta kandidat senyawa antibakteri dan anti-jamur dari rumput laut merah dan mikroorganisme laut.

Laboratorium Hidrobiologi sejak September 2012 mengawali kegiatan kerjasama penelitian dan kolaborasi dengan dana dari luar negeri, diantaranya TWAS (The World Academy of Sciences), PEER-NSF-USAID, CRDF Global (USA), dan RSDF-FF (New Zealand). Penelitian-penelitian tersebut dilakukan dengan payung penelitian bertema “Marine Biodiversity and Biodiscovery of Indonesia”. Tujuan penelitian tersebut adalah to access Indonesian marine biodiversity and to discover chemical diversity for human health, aquaculture, and agriculture.

Penelitian yang dikembangkan di Laboratorium Hidrobiologi mengawali perjalanan panjang untuk menghidupkan, membangun dan memakmurkan sebuah laboratorium sebagai ujung tombak pengembangan ilmu, yang berujung pada temuan-temuan bermanfaat bagi masyarakat luas dan negara.

Dok Ikan5 nooer