Laboratorium Mikrobiologi Hasil Perikanan

mikro4Sebagai ujung tombak pengembangan ilmu, Laboratorium Mikrobiologi Hasil Perikanan telah digunakan untuk kegiatan penelitian mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen baik dari lingkungan UGM maupun perguruan tinggi lainnya. Penelitian yang dilakukan di laboratorium ini mencakup penelitian mikrobiologi dan bioteknologi di bidang teknologi hasil perikanan, budidaya perikanan, serta manajemen sumberdaya perikanan. Beberapa kegiatan penelitian yang telah dilakukan mencakup isolasi mikrobia, uji bioaktifitas metabolit mikrobia, keamanan mikrobiologis produk perikanan, kajian molekuler mikrobia dan mikrobiologi terapan.

Salah satu penelitian unggulan di bidang budidaya perikanan yang telah dilakukan di laboratorium ini adalah pengembangan dan produksi vaksin rekombinan viral nervous necrosis (VNN). Kegiatan penelitian di laboratorium didukung dengan peralatan-peralatan laboratorium yang terus mengalami perkembangan dalam pengadaannya, seperti peralatan sterilisasi, inkubator, PCR, gel electrophoresis (DNA dan protein), serta centrifuge.

Selain kegiatan penelitian, laboratorium ini juga digunakan dalam kegiatan praktikum beberapa mata kuliah di Jurusan Perikanan, seperti Mikrobiologi, Mikrobiologi Hasil Perikanan, dan Manajemen Limbah Industri Perikanan.

Laboratorium Mikrobiologi Hasil Perikanan telah menjalin kerjasama dengan universitas lain, Balai Besar Karantina Ikan serta Pusat Karantina Ikan dari berbagai daerah dalam pemberian pelatihan khususnya di bidang molekuler. Pengembangan Laboratorium Mikrobiologi Hasil Perikanan di masa yang akan datang direncanakan untuk mengembangkan penelitian dan melakukan kerjasama penelitian dengan berbagai pihak yang sejalan dengan prioritas riset UGM.

mikro2 mikro1 lab mikro