Laboratorium Sosial Ekonomi Perikanan

IMG_5275Laboratorium Sosial Ekonomi Perikanan (Laboratorium Sosek Perikanan) menjadi laboratorium pendidikan dan riset untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai laboratorium pendidikan, laboratorium ini memiliki fasilitas peralatan komputer (17 unit) diantaranya terdapat komputer untuk editing video, printer, scanner dan LCD. Fasilitas komputer tersebut semuanya terkoneksi dengan jaringan internet dan software berlisensi. Akses fasilitas laboratorium terbuka untuk mahasiswa di semua jenjang pendidikan (S1, S2, dan S3) dan dosen/peneliti, baik dari dalam maupun luar Jurusan Perikanan UGM. Tidak hanya untuk pendidikan dan riset, laboratorium juga menyelenggarakan kegiatan pengabdian dan pelayanan jasa bagi masyarakat umum seperti pelatihan.

Dalam dekade terakhir Laboratorium Sosek Perikanan melakukan kajian secara terfokus pada  evaluasi pembangunan perikanan seperti evaluasi program pemberdayaan masyarakat pesisir dan berbagai program pemberdayaan lainnya. Saat ini laboratorium masih melakukan penelitian dengan tema tersebut, dengan mengembangkan kajian-kajian terfokus pada pemberdayaan masyarakat berbasis kelompok. Penelitian dalam hal ini menginventariasi faktor-faktor pendorong dan penghambat berkembangnya usaha bersama. Hasil-hasil penelitian tersebut sedang dalam upaya penerbitan.

Laboratorium Sosek Perikanan telah dan sedang membangun kerjasama kegiatan pembelajaran dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti melalui kuliah jarak jauh menggunakan Vcom dengan Hokkaido University Jepang, National Cheng Kung University Taiwan, I2E Burkina Faso, dan Universitas Palangkaraya. Kegiatan tersebut memanfaatkan fasilitas IT di Laboratorium Sosek dan Pusat Sistem dan Sumberdaya Informasi UGM.

IMG_1841 IMG_1301 IMG_3271