Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan

IMG_5213Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan merupakan unit pendukung kegiatan pembelajaran khususnya praktikum, penelitian, serta pengabdian dan pelayanan jasa kepada masyarakat di bidang teknologi perbenihan. Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan dilengkapi dengan ruang uji coba/praktek dan peralatan, ruang ketua laboratorium dan laboran. Semua fasilitas di Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan dapat dimanfaatkan secara terbuka oleh mahasiswa (S1, S2, dan S3) dan dosen/peneliti, baik dari dalam maupun luar Jurusan Perikanan UGM.

Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan melakukan penelitian-penelitian yang berfokus pada upaya pengembangan teknologi perbenihan serta genetika ikan. Komoditas unggulan yang dikembangkan meliputi gurami (Osphronemus gouramy), lele dumbo (Clarias gariepinus), ikan guppy (Poecilia reticulata), dan manfish (Pterophyllum scalare). Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan, sudah menghasilkan Teknologi Segmentasi Budidaya Gurami, dengan terbitnya buku Berjudul “7 Rejeki Budidaya Gurami dengan Teknologi Segmentasi” di laboratorium ini juga mempunyai koleksi dokumen beberapa jenis gurami di Indonesia, gurami dari Jawa, gurami dari Mandiangin atau Riam Kanan, gurami dari Jambi dan gurami Padang.

IMG_5219Dalam satu dekade terakhir Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan telah berhasil menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam pengembangan usaha perikanan seperti dengan Bidang Perikanan Kabupaten Sleman dan kabupaten lain di wilayah DIY serta dengan DKP DIY. Khusus untuk pengembangan dan penyediaan induk gurami, laboratorium ini kerjasama dengan Unit Kerja Benih Air Tawar (UKBAT) Cangkringan dan Balai Benih Ikan (BBI) Sendangsari Wates. Dari tahun 2009 hingga 2012, staf di laboratorium bekerjasama dengan Dirjen Budidaya sebagai Tim Satgas Perbenihan KKP, dengan tugas pembinaan di berbagai Provinsi seperti, Provinsi Sumatera Utara, Jambi, Nusa Tenggara Timur, Sulewesi Selatan, Sumatera selatan dan DIY. Dalam beberapa tahun ke depan Laboratorium Perbenihan dan Pemuliaan Ikan akan tetap berupaya menjalin kerjasama dengan mitra baik pemerintahan maupun swasta dalam rangka mengembangkan usaha perikanan khususnya ikan gurami, ikan hias manfish dan guppy. Di laboratorium ini juga meningkatkan pelayanan dengan menerbitkan buku agar bisa menjangkau sasaran lebih luas, untuk tahun ini diharapkan terbit buku perbenihan lele dumbo.