Kuliah Umum PT Matahari Sakti

PT. Matahari Sakti merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi pakan untuk budidaya ikan air tawar, udang dan ikan laut. Selain sebagai produsen pakan, PT. Matahari Sakti saat ini juga mengembangkan sayapnya pada industri budidaya sebagai produsen benih ikan berkualitas. Lele Masamo merupakan salah satu produk unggulan benih ikan yang telah dikenalkan kepada masyarakat.

Dalam rangka “Setengah Abad” Perikanan UGM, PT. Matahari Sakti turut serta meramaikannya dengan datang langsung ke Jurusan Perikanan UGM dan memberikan Kuliah Umum. Kuliah umum yang diadakan pada tanggal Kamis 4 April 2013 disampaikan langsung oleh Manager Marketing Bapak Ir. Purnomo dan Manager Hatchery Bapak Fauzul Mubin.

Dalam kuliahnya, Bapak Ir. Purnomo menyampaikan banyak hal mengenai strategi mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing setelah lulus nanti. “Mahasiswa harus memiliki brand image yang baik” begitu kata beliau. Beliau juga menyebutkan bahwa generasi muda merupakan salah satu motor penggerak yang potensial dalam meningkatkan dan memajukan industri perikanan.

Lain dengan Bapak Ir. Purnomo, Bapak Fauzul Mubin lebih banyak menyampaikan mengenai teknologi-teknologi yang teah diterapkan dalam Hatchery PT. Matahari Sakti. Salah satu teknologi yang sedang digalakkan adalah system bioflock. Pakan yang diberikan kepada ikan atau udang budidaya secara nyata tidak dapat dikonsumsi habis 100%. Pasti akan selalu ada sisa yang apabila mengendap pada dasar kolam terlalu lama akan berbahaya pada budidaya itu sendiri. Dengan sistem bioflock, sisa paka tadi dapat dimanfaatkan kembali oleh ikan/udang budidaya dalam bentuk floc. Selain itu, beliau juga memperkenalkan 2 strain ikan budidaya yang dikembangkan oleh PT. Matahari Sakti yaitu Lele Masamo dan Nila Mentaris. PT. Matahari Sakti hingga saat ini telah berhasil mengawinkan indukan Lele dan Nila yang baik yang menghasilkan benih-benih dengan kualitas baik. Beliau memberikan garansi bahwa benih-benih yagn dihasilkan memiliki daya tahan, nafsu makan dan pertumbuhan yang baik.

Pada akhirnya, mahasiswa disuguhi betapa besarnya peluang usaha dibidang budidaya dan diharapkan kelak lulusan dari Perikanan UGM dapat menjadi entrepreneur dibidang perikanan yang handal dan berdaya saing.