Profil

Departemen Perikanan (sedang dalam proses untuk berubah menjadi Fakultas Perikanan dan Kelautan) termasuk departemen termuda di Fakultas Pertanian. Departemen Perikanan didirikan pada 1963/1964 dengan nama Bagian Perikanan sebagai salah satu bagian dari Fakultas Pertanian UGM. Dengan berjalannya waktu, nama Bagian Perikanan berubah menjadi Departemen Perikanan dan pada tahun 1983 berubah menjadi Jurusan Perikanan. Sesuai dengan ketentuan susunan organisasi dan tata kelola di lingkungan Universitas Gadjah Mada, mulai tahun 2016, Jurusan Perikanan berubah lagi menjadi Departemen Perikanan, dengan memiliki tiga program studi, yaitu :

Dalam pengembangan keilmuan, Departemen Perikanan melakukan berbagai penelitian baik dalam bidang budidaya, manajemen sumberdaya dan sosial ekonomi, maupun teknologi pengembangan produk perikanan. Dalam bidang budidaya, berbagai penelitian telah dan sedang dilakukan, seperti pengembangan ikan Nila berkualitas unggul, pengembangan ikan hias, pengembangan vaksin (bakteri dan virus) pada ikan kerapu, pengembangan bakteri probiotik dan pengembangan bioaktif yang berasal dari organisme laut. Sedang dalam bidang manajemen sumberdaya dan sosial ekonomi, pada beberapa tahun terakhir sedang dilakukan kajian mengenai kondisi sosial ekonomi masyarakat, ekologi, konservasi, penangkapan dan sumberdaya perikanan di kawasan pesisir antara sungai Bogowonto dan Jali di kabupaten Kulon Progo dan Purworejo. Disamping itu, Departemen Perikanan juga mengembangkan teknologi pengolahan ikan, seperti pengolah fish nuggets, kecap ikan, surimi, lele asap dan sebagainya.
Departemen Perikanan memiliki jurnal tersendiri, yang saat ini dalam proses terakreditasi ulang dengan nama “JURNAL PERIKANAN” atau “JOURNAL OF FISHERIES SCIENCES” yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan Juli. Mulai tahun 2015, dilakukan pengembangan pelayanan jurnal secara online.
Aktivitas pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah baik di tingkat Propinsi maupun Kabupaten serta dengan Lembaga Swadaya. Bentuk pengabdian kepada masyarakat tersebut salah satunya adanya pembinaan pembudidaya ikan di Kabupaten Sleman, dengan materi teknik budidaya ikan air tawar dan udang, manajemen usaha dan penanggulangan hama, penyakit ikan dan lain-lain.
Mahasiswa Departemen Perikanan dalam pengembangan diri, bergabung dalam Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan atau KMIP dan ikut berperan aktif juga dalam Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI).