Press Release

SEMINAR NASIONAL TAHUNAN VIII
HASIL PENELITIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN
TAHUN 2011

 Sabtu, 16 Juli 2011 di Jurusan Perikanan UGM

Indonesia merupakan negara bahari dengan luas laut mencapai 5,8 juta km2 (70% dari luas wilayah)  dengan 17.503 buah pulau dan garis pantai 81.000 km, yang sangat potensial untuk berkembang menjadi negara industri berbasis perikanan dan kelautan. Sektor perikanan dan kelautan memberikan kontribusi  besar untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB), menyediakan lapangan kerja, menghasilkan produk unggulan, menopang ketahanan pangan nasional, menjaga keamanan wilayah dan teritorial Indonesia terutama pulau terluar yang berbatasan dengan negara tetangga.

Keunggulan suatu bangsa pada era globalisasi ekonomi sekarang ini sangat ditentukan oleh kemampuan bangsa itu dalam memproduksi dan ”menjual” ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh berbagai institusi riset diharapkan akan menghasilkan teknologi yang akan memberikan nilai ekonomi dan kesejahteraan yang besar. Institusi riset tersebut diharapkan mampu menyebarluaskannya kepada publik, baik dalam skala nasional maupun internasional. Diseminasi hasil-hasil penelitian tentang sumberdaya kelautan dan perikanan dan harapan pemanfaatannya mendorong diadakannya seminar ini secara rutin. Oleh karena itu, Jurusan Perikanan melalui Semnaskan UGM VIII tahun 2011 kembali mengajak peneliti dari berbagai lembaga ilmu pengetahuan di seluruh Indonesia untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam diskusi dan penerbitan, baik prosiding maupun Jurnal Perikanan serta Jurnal Pasca Panen dan Bioteknologi Perikanan.

Data Seminar Nasional Tahunan I-VII Hasil Perikanan dan Kelautan Jurusan Perikanan UGM menunjukkan bahwa peneliti perikanan dan kelautan Indonesia yang terlibat semakin meningkat. Seminar Nasional pada tahun 2004 diikuti oleh 400 peserta baik dari bidang pertanian maupun perikanan dan kelautan dengan jumlah makalah 128. Tahun 2005, Semnaskan UGM III diikuti oleh lebih dari 250 peserta dengan 200 makalah. Semnaskan UGM IV (2007) diikuti oleh 245 peserta dengan 249 makalah. Semnaskan UGM V (2008) diikuti oleh 245 peserta dengan 257 makalah, Semnaskan UGM  VI  (2009)  diikuti oleh 397 peserta dengan  428 makalah dan Semnaskan UGM VII (2010) diikuti oleh 306 peserta dengan 420 makalah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia Semnaskan VIII Tahun 2011 telah menseleksi hampir 500 abstrak hasil penelitian, 379 makalah diantaranya akan dipresentasikan, baik presentasi oral maupun poster. Total peserta pada tahun ini mencapai 414 peserta. Peserta seminar berasal dari seluruh belahan nusantara dari Papua, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, sampai Sumatera. Peserta terdiri dari perguruan tinggi negeri maupun swasta (IPB, Universitas Diponegoro, UGM, Universitas Pattimura, Universitas Riau, Unsoed Purwokerto, UNY, Universitas Hassanudin, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Lambung Mangkurat, Unitomo Surabaya, Universitas Mataram, Universitas Nusa Cendana, ITS Surabaya, Universitas Djuanda, dll), peneliti di lingkungan Badan Riset  Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan (Badan Riset Perikanan Laut, Badan Riset Perikanan Tangkap, BBL Lampung, BBRPBL Gondol, BRPPU Palembang, BRPBAP Maros, BRPBAT Bogor, IRHIBAT Depok, LRPSI Jatiluhur, Loka Budidaya Laut Batam, Loka Budidaya Laut Lombok, LRPTBPAT Sukamandi, BBAT Sukabumi, LRPP Sukamandi, Pusat Karantina, BPPMHP), lembaga-lembaga penelitian (MII, Coremap LIPI, LON LIPI, BPTP, Puslit Biologi LIPI, BPPT) maupun kalangan swasta. Hal ini menunjukkan bahwa agenda seminar tahunan tersebut dapat menjadi wahana penting bagi para peneliti untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian  dalam bidang perikanan dan kelautan.

Pada Semnaskan UGM VIII  Jurusan Perikanan akan mengundang dua pembicara kunci (keynote speaker): Prof. Dr. Ir. Rustadi, M.Sc (Guru Besar Ilmu Perikanan Universitas Gadjah Mada) dan Dr. Ir. Endhay Kusnendar, M.Sc (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan- Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia).

Penyelenggaraan Semnaskan_UGM VIII pada tahun 2011 dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2011 di kompleks Perikanan UGM. Acara ini merupakan kerjasama Jurusan Perikanan UGM bekerjasama dengan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan-BRKP KKP. Jumlah kelas presentasi yang disediakan terdiri dari 12 kelas paralel yang terdiri dari 9 bidang yang mencakup bidang Budidaya Perikanan (Rekayasa Budidaya, Genetika dan Pembenihan, Pakan dan Nutrisi Ikan, Penyakit Ikan), Manajemen SDP (Biologi Perikanan, Penangkapan & Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perikanan, Sosial Ekonomi Perikanan), dan bidang Pascapanen (Keamanan Pangan, Nilai Tambah, Pangan Fungsional, Pengawetan Pangan, dan Pengembangan Produk).

Selain sebagai sarana komunikasi ilmiah, acara Semnaskan VIII ini juga merupakan ajang pameran produk-produk perikanan hasil penelitian, diantaranya Delifiz (produk olahan ikan komersial), vaksin Streptococcus dan Vibrio dari Laboratorium Penyakit Ikan dan karya-karya dari lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tradisi positif yang terus berlangsung bagi pengembangan ilmu pengetahuan perikanan dan kelautan.

 

 Yogyakarta, 13 Juli 2011

Panitia Semnaskan UGM – VIII