delifiZ

Pengembangan Produk Hasil Perikanan

Sejak tahun 2004, Jurusan Perikanan telah mengembangkan pangan ikani yang  sebelumnya telah dirintis melalui aktivitas penelitian dan magang mahasiswa di Laboratorium Teknologi Ikan. Produk ikani yang dipilih adalah berbasis fish gel yang sehat, tanpa bahan penyedap dan pengawet. Pemilihan produk fish gel dilatarbelakangi adanya kenyataan konsumsi makan ikan yang rendah di DIY, serta adanya isu bahwa produk fish gel berasal dari limbah samping proses pengolahan ikan yang kurang higienis. Dua hal inilah yang kemudian menjadikan Jurusan Perikanan ikut serta berperan mengkampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan, mengedukasi masyarakat bahwa produk fish gel yang diproduksi merupakan produk yang pilih tanding, menjelaskan bahwa keuntungan produk makanan beku siap saji terutama dalam hal efisiensi biaya dan waktu. Produk ini tidak memerlukan mesin khusus, tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajian, mengurangi kelebihan makanan yang tidak semestinya, serta menghilangkan biaya kegagalan pembuatan produk yang dibuat sendiri.

Hasil formulasi dan produk terus dikembangkan dan diuji coba oleh tim Pengembangan Produk Laboratorium Teknologi Ikan. Sejak 2004 hingga 2008, produk berbasis fish gel dijadikan road map unggulan penelitian di Laboratorium Teknologi Ikan. Inovasi varian produk fish gel serta penggunaan bahan-bahan lokal sebagai bahan pengisi terus dikembangkan hingga saat ini. Pengembangan produk fish gel, dalam bidang pangan sangat menarik dan termasuk dalam kulinologi. Lebih lanjut, juga telah dijadikan tempat untuk mengembangkan soft skill para mahasiswa yang berminat di bidang ini.

Pada puncak dies natalis Fakultas Pertanian ke-61 (tahun 2007), dilakukan launching delifiZ® sebagai salah satu produk dari Fakultas Pertanian. Pada tahun 2008, delifiZ® secara resmi terdaftar dalam Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor IDM 000264632, dan terpilih untuk mendapatkan bantuan dari Disperindagkop perihal pembuatan manual prosedur penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) di produk fish gel beku. Meskipun pemasaran delifiZ® masing terbatas, tetapi harapan ke depan produk ini dapat menjadi semakin luas dikenal dan dapat mengambil bagian untuk untuk memenuhi kebutuhan industri hotel, restoran, katering, dan bakery (horekaba) yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Saat ini produk delifiZ dapat diperoleh di Plaza Agro Fakultas Peternakan UGM serta di beberapa pameran pangan di Yogyakarta. Produk delifiZ® juga menjadi pemasok sebagian produk olahan di Unit Pengembangan Kewirausahaan “Inkubator Mina Bisnis (IMB)” Jurusan Perikanan UGM.

Nugget Ikan
Nugget Ikan
Sate Tuna
Sate Tuna
Kaki Naga
Kaki Naga
Media Promosi
Media Promosi
Pameran
Pameran