Program Studi Manajemen Sumberdaya Akuatik (MSA) sebagai bagian dari perguruan tinggi di bidang perikanan dan kelautan di Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dan turut serta dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional, tangguh, unggul, dan bermoral dalam bidang pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan. Untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten, program MSA menetapkan sistem pendidikan dan penerapan kurikulum yang terstruktur dan ditinjau secara berkala. Beberapa pengetahuan dan ilmu pokok yang ditujukan menjadi bekal utama dalam kemampuan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan antara lain analisis lingkungan perairan, prinsip-prinsip manajemen sumberdaya perikanan untuk pengelolaan yang berkelanjutan, kemampuan manajerial yang berkeadilan dan berpihak pada rakyat, pemahaman hukum dan peraturan perundangan, serta kemampuan komunikasi efektif dan sintesis informasi.

Vision

Visi Program Studi Manajemen Sumberdaya Akuatik adalah menjadi program studi yang unggul dalam bidang manajemen sumberdaya perikanan tropika, berkelas dunia, dan mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan berdasarkan Pancasila.

Mission

Misi program studi MSA adalah menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu manajemen sumberdaya perikanan tropika untuk kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan, serta kesejahteraan masyarakat.

Goals

  1. Menjadikan Program Studi Manajemen Sumberdaya Akuatik yang unggul melalui:
    1. Pendidikan yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila.
    2. Penelitian untuk menghasilkan produk penelitian yang menjadi rujukan nasional dan internasional yang berwawasan lingkungan dan tanggap terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara berbasis pada nilai-nilai keunggulan lokal.
    3. Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
      d. Kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra.
  2. Meluluskan sarjana perikanan yang memiliki kompetensi utama:
    1. Menguasai dan mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip Manajemen Sumberdaya Akuatik untuk pengelolaan yang berkelanjutan.
    2. Mampu melakukan analisis lingkungan perairan untuk eksplorasi, eksploitasi, konservasi, dan rehabilitasi sumberdaya perikanan yang berkelanjutan.
    3. Mampu menganalisis sosial ekonomi sumberdaya perikanan, merancang dan mengembangkan bisnis perikanan dan pemberdayaan masyarakat.
    4. Mampu mendokumentasikan dan menyebarluaskan IPTEK pengelolaan sumberdaya perikanan.
  3. Meluluskan sarjana perikanan yang memiliki kompetensi pendukung:
    1. Memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi budidaya perikanan dan pengolahan hasil perikanan.
    2. Mampu melakukan analisis usaha perikanan.
    3. Memahami peraturan perundangan yang berkaitan dengan sumberdaya perikanan dan kelautan.
    4. Mampu berkomunikasi efektif secara lisan dan tertulis.
    5. Mampu bekerja mandiri dan bekerjasama dalam tim.
    6. Mampu mengakses dan mensintesiskan informasi.


IMG_1830 Prodi MSB - P1010041 - Copy DSC07152 II.10