Budidaya Perikanan

Aktivitas di Laboratorium
Aktivitas di Laboratorium

Pengembangan budidaya perikanan memiliki kekhasan, yang membuatnya berbeda dengan pengembangan budidaya pertanian/kehutanan/peternakan. Kegiatan budidaya di areal terestrial hanya memiliki pemanfaatan ruang dua dimensi (panjang dan lebar), tetapi budidaya perikanan dapat memanfaatkan ruang tiga dimensi (panjang, lebar, dan dalam atau volume air).  Karena itu, pengembangan budidaya perikanan dapat memanfaatkan ruang yang sangat luas, dengan prinsip the sky is the limits. Potensi sumberdaya ikan dan perairan Indonesia untuk pengembangan budidaya perikanan sampai saat ini belum dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kemakmuran rakyat. Keberadaan Program Studi Budidaya Perikanan didasarkan pada kebutuhan akan ilmu dan pengembangan ilmu dan teknologi pemanfaatan sumberdaya perairan khususnya di bidang budidaya perikanan.  Program studi BDP juga mempunyai komitmen kuat untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa untuk kemakmuran segenap anak bangsa, sesuai dengan jati diri dan cita-cita universitas yang telah ditetapkan oleh para founding fathers.

Organisasi Pengelola Program Studi

Ketua : Dr. Ir. Murwantoko, M.Si.
Sekretaris : Noer Kasanah, Apt., M.Si., Ph.D.
Komisi KL : Noer Kasanah, Apt., M.Si., Ph.D.
Komisi Seminar : Noer Kasanah, Apt., M.Si., Ph.D

Visi,Misi, dan Tujuan

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, mengembangkan ilmu dan teknologi budidaya perikanan, serta melahirkan lulusan yang profesional, bermoral, dan berkompetensi tinggi di bidang budidaya perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misi Program Studi

  1. Mengembangkan pendidikan yang produktif, akuntabel, bermutu dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkompetensi tinggi di bidang budidaya perikanan dan wirausaha perikanan
  2. Menggalang kemajuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemajuan ilmu dan teknologi untuk memajukan budidaya perikanan yang produktif, berkualitas, efisien, ekonomis, berdaya saing, bertanggung jawab dan berkelanjutan.
  3. Menggalakkan penerapan IPTEK/hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan budidaya perikanan berlandaskan tanggungjawab sosial yang besar.
  4. Menjalin kerjasama dengan alumni dan lembaga-lembaga terkait dari dalam maupun luar negeri dalam rangka pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

Tujuan Program Studi

  1. Mampu menyelenggarakan pendidikan secara produktif, bermutu, efisien, transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah jaminan mutu (Total Quality Management/TQM dan Student Centre Learning/SCL) yang ditopang oleh kurikulum yang tepat, dosen yang kompeten, fasilitas dan dana yang cukup, dalam situasi yang kondusif dalam rangka menghasilkan lulusan yang :
    1. Profesional, inovatif, mandiri, kompeten, baik sebagai peneliti, pendidik, penyuluh, maupun pengusaha yang tangguh, berdaya saing tinggi ditingkat nasional maupun global.
    2. Mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership) dan manajerial yang mampu mengembangkan dan mengelola IPTEK, wilayah, usaha dan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan usaha budidaya perikanan.
    3. Mempunyai dasar, kemampuan dan minat yang kuat untuk studi lanjut baik tingkat magister (S2) maupun doktor (S3).
  2. Mampu menyelenggarakan penelitian dalam rangka menghasilkan IPTEK sesuai perkembangan dan kebutuhan termasuk konsep dan sistem usaha budidaya yang adaptif lokasi, sosial, ekonomi, ramah lingkungan dan berdaya saing tinggi baik ditingkat nasional maupun global.
  3. Mampumenyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan berperan aktif dalam pembangunan perikanan terutama budidaya perikanan antara lain :
    1. Meningkatkan political will dan memberi masukan pada pengambilan kebijakan.
    2. Mengembangkan wilayah dan masyarakat/usaha/industri budidaya yang produktif, berkualitas, efisien, beresiko rendah dan sesuai kaidah perikanan bertanggung jawab (Code of Conduct for Responsible Fisheries) dan Sustainable Aquaculture.
    3. Menjadi salah satu ujung tombak dan rujukan dalam sistem pengembangan dan penerapan Tri Dharma dan informasi khususnya bidang budidaya perikanan.
    4. Menjadi lembaga yang siap mengembangkan dan mengelola program pasca sarjana (S2 dan S3 maupun post doctor).
  4. Menjalin kerjasama baik formal maupu informal dengan lembaga terkait dan masyarakat dari dalam dan luar negeri serta alumni dalam rangka peningkatan aksesibilitas, sumberdaya, akselerasi, intensitas, kualitas dan keberlanjutan pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengembangan kapasitas kelembagaan, wilayah dan masyarakat.

Kompetensi Lulusan

  1. Knowledge and Understanding
    1. Memahami dan mengetahui tentang teknik budidaya perikanan ramah lingkungan dan ekonomis.
    2. Memahami dan mengetahui tentang teknik pembenihan ikan dan biota air lainya, untuk memproduksi benih yang berkualitas.
    3. Memahami dan mengetahui tentang manajemen usaha budidaya perikanan (aquaculture farming) dan industri budidaya perikanan (aquaculture industry).
  2. Intellectual (Thinking) Skills
    1. Rekayasa genetik biota akuatik unggul secara konvensional maupun mutakhir.
    2. Perancangan dan rekayasa teknologi budidaya dan sarana budidaya perikanan yang ramah lingkungan.
    3. Pengembangan rekayasa teknologi pengelolaan kualitas air, dan kesehatan ikan dan lingkungan.
    4. Penelitian budidaya perikanan dan transfer teknologi kepada masyarakat secara mandiri dan kelompok.
  3. Practical Skills
    1. Mampu melaksanakan usaha budidaya perikanan.
    2. Mampu melaksanakan usaha produksi benih ikan, udang, dan biota air lainnya.
    3. Mampu melakukan penyusunan formula dan pembuatan pakan ikan/udang dan peningkatan sediaan pakan alami.
    4. Mampu melakukan analisa dan perbaikan dan pengelolaan kualitas air budidaya ikan.
    5. Mampu melakukan pengendalian hama dan penyakit ikan/udang.
    6. Penggunaan alat-alat laboratorium, pengumpulan, pengolahan dan analisa data budidaya perikanan.
  4. Managerial Skills
    1. Perencanaan dan pengelolaan usaha /industri budidaya perikanan (aquabisnis).
    2. Mampu melakukan perencanaan dan melakukan evaluasi pembangunan perikanan.
    3. Pengkajian dan pemahaman pustaka, penulisan dan diskusi makalah/karya ilmiah/ usulan penelitian secara mandiri/kelompok dan panyajian laporan hasil penelitian sebagai tulisan ilmiah/skripsi.

Kunjungan Lapangan

Kunjungan Lapangan

Kunjungan Lapangan