Rilis UGM: Peringati Usia Setengah Abad, Jurusan Perikanan ingin Jadi Fakultas

Pemukulan Kentongan Tanda Dimulainya Peringatan 50th Perikanan UGM
Pemukulan Kentongan Tanda Dimulainya Peringatan 50th Perikanan UGM (Foto; Humas UGM)

YOGYAKARTA – Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian UGM, berencana mengajukan proposal kepada Senat Akademik Universitas untuk berubah menjadi Fakultas. Langkah tersebut dilakukan untuk merespon kebutuhan sumber daya manusia di bidang perikanan dan kelautan serta kesiapan jurusan untuk menjadi fakultas. Menurut Ketua jurusan Perikanan, Prof. Dr. Ir. Rustadi, M.Sc., Perikanan UGM sudah memenuhi syarat untuk menjadi Fakultas. “Jumlah dosen Perikanan ada 28 orang. Sekitar 60% doktor dan 3 profesor. Kini 5 orang tengah menempuh doktor. Ini sudah memenuhi syarat untuk mengajukan menjadi fakultas,” kata Rustadi saat memperingati setengah abad perikanan UGM, Selasa (19/3), di selasar jurusan Perikanan.

Rustadi menceritakan, Perikanan UGM sudah pernah mengajukan proposal yang sama pada tahun 1996. Namun kala itu, dengan alasan efsiensi dan pendanaan karena adanya rencana perubahan status UGM menjadi PT BHMN, usulan tersebut belum dapat dipenuhi oleh pihak universitas. “Dalam waktu dekat, kita akan mengajukan kembali,” tegasnya.

Dia menambahkan, dirinya akan berkordinasi dengan Dekan dan Senat Fakultas untuk meninjau isi proposal pengajuan menjadi fakultas yang akan diajukan ke tingkat universitas.

Menanggapi usulan tersebut, Dekan Pertanian UGM, Dr. Jamhari, SP., MP., menegaskan dirinya akan mendukung dan mengawal usulan tersebut. Namun demikian, dia meminta jurusan Perikanan untuk melakukan perombakan proposal usulan dengan mencantumkan roadmap yang jelas terkait kesiapan Perikanan untuk menjadi fakultas. “Karena banyak hal yang harus dilakukan, dari dukungan kelembagaan, infrastruktur, sumber daya hingga finansial,” katanya.

Jamhari mengakui, keinginan Perikanan yang sejak lama untuk menjadi fakultas sudah seharusnya direalisasikan karena Indonesia membutuhkan sumberdaya manusia di bidang perikanan dan kelautan. “Hampir 2/3 luas willayah Indonesia adalah perairan,” katanya.

Dalam rangka peringatan setengah abad Perikanan UGM, dilaksanakan beberapa rangkaian acara diantaranya, penerbitan buku 50 tahun Perikanan UGM ‘Mendidik Generasi Bahari’, Pertemuan Ilmiah 350 Peneliti Se-Indonesia, Fish Expo, Temu Alumni dan Family Gathering. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Sumber

Tags: featured