Peringatan Dies Natalis ke-55 Departemen Perikanan UGM

Tidak terasa bahwa tanggal 1 September 2018 Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM telah memasuki usia yang ke 55 tahun. Berkaitan dengan peringatan dies natalis, Departemen Perikanan UGM telah menggelar serangkaian acara sebelum puncak acara dies tersebut. Dr. Nurfitri Ekantari, S.Pi., M.P, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa dalam peringatan Lustrum ke 11 Perikanan UGM kali ini adalah kegiatan aksi donor darah, pengabdian masyarakat dan perlombaan dan malam keakraban sebagai puncak dies.

 “Ada tiga kegiatan dies yang terkait pengabdian kepada masyarakat yaitu pembuatan gazebo edukasi mangrove, bersih embung dan penebaran ikan yang semuanya bertujuan untuk lebih mendekatkan dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pelestarian dan keberlanjutan ekosistem perairan” demikian ditambahkan oleh Dr. Eko Setyobudi, S.Pi., M.Si. selaku sekretaris Departemen Perikanan UGM. Pengembangan gazebo edukasi dilakukan bersama Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B) Desa Tirtohargo, sebagai upaya untuk peningkatan pengetahuan konservasi mangrove dan mengenal potensi perairan dan perikanan di kawasan mangrove Baros, yang semua data dan informasi didasarkan dari hasil penelitian mahasiswa dan dosen. Ketua KP2B menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Departemen Perikanan UGM atas jalinan kerjasama dan dukungan terhadap upaya kelestarian mangrove di kawasan selatan Yogyakarta tersebut. Untuk kegiatan bersih embung dan penebaran ikan dilakukan di Embung Langensari Kota Yogyakarta dan Danau Bijak Wisdom Park Universitas Gadjah Mada. Ikan yang ditebar dalam embung dan danau ini terdiri dari berbagai macam jenis yang menempati posisi berbeda dalam jaring-jaring makanan sehingga diharapkan dapat mendukung kelestarian ekosistem embung secara optimal. Kegiatan yang dilakukan ini melibatkan kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen Perikanan UGM.

Dalam puncak kegiatan Dies Natalis ke 55 Perikanan UGM Jumat malam (31/8/2018), Dr. Ir. Murwantoko, M.Si., selaku ketua departemen menyampaikan bahwa Departemen Perikanan UGM telah berupaya maksimal dalam berkontribusi untuk pembangunan perikanan skala regional dan nasional, mengembangkan jejaring nasional dan internasional, serta peran serta aktif dalam perhimpunan perguruan tinggi perikanan dan kelautan nasional dan regional ASEAN. Pada puncak dies tersebut juga disertai malam penghargaan kepada Ir. Supardjo SD, SU yang telah purna tugas dalam mengabdikan diri sebagai dosen Perikanan UGM selama 38 tahun 5 bulan, dan banyak berkontribusi antara lain pengembangan perikanan tangkap, pemberdayaan masyarakat pesisir dan nelayan serta pengembangan daerah transmigrasi perikanan/pertanian.

Pembukaan Bersih Embung Langensari Yogyakarta
Peresmian Gazebo Edukasi di Kawasan Mangrove Baros
Penebaran Ikan di Danau Bijak Wisdom Park Universitas Gadjah Mada

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.