Belajar Bareng Underwater Photo Transect

Selam Perikanan Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Sentra Selam Jogja mengadakan Belajar Bareng Coral Point Count with Excel Extension (CPCe) untuk monitoring terumbu karang menggunakan metode Underwater Photo Transect (UPT). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di Sentra Selam Yogyakarta. Kegiatan ini  diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan staf dari berbagai universitas di Yogyakarta.

Kegiatan monitoring terumbu karang merupakan aktivitas penting dalam memantau perkembangan dan perubahan ekosistem terumbu karang. Monitoring menggunakan metode UPT merupakan metode yang memanfaatkan perkembangan teknologi, baik perkembangan teknologi kamera digital maupun teknologi piranti lunak komputer. Pengambilan data di lapangan hanya berupa foto-foto bawah air yang dilakukan dengan pemotretan menggunakan kamera digital bawah air, ataupun kamera digital biasa yang diberi pelindung tahan air (housing). Dari hasil monitoring tersebut data yang diperoleh lalu diolah menggunakan aplikasi CPCe. Software CPCe merupakan software free yang dapat digunakan untuk menganalisis foto untuk memperoleh data persentase tutupan karang hidup, kategori apendik lainnya, dan juga untuk menganalisis sampai tingkat spesies.

Materi dibawakan oleh Ika Ristiyani Madyaningrum, S.Si., M.Sc. selaku Instruktur Selam, Alfian Solihin selaku pegiat konservasi, dan Rim Karlina selaku pegiat konservasi. Selain pemaparan materi, dalam kegiatan ini peserta langsung mempraktekkan penggunaan aplikasi CPCe dalam pengolahan data UPT. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Oleh karena itu, pemateri mengharapkan kedepannya Selam Perikanan UGM dapat memfasilitasi kegiatan seperti ini lagi.

“Kami juga melakukan praktik kering pengambilan data dengan metode UPT secara langsung dan selanjutnya dilaksanakan pengolahan data menggunakan aplikasi CPCe,” terang Desi salah satu peserta kegiatan. Desi menyatakan banyak pengetahuan baru yang didapatkan setelah mengikuti kegiatan tersebut khususnya untuk orang yang ingin melakukan penelitian tentang terumbu karang.

Pemaparan materi dalam kelas
Pemaparan materi dalam kelas
Simulasi setting transek terumbu karang
Simulasi setting transek terumbu karang
Foto bersama peserta belajar bareng
Foto bersama peserta belajar bareng

 

 

 

 

 

 

 

 

Kontributor: Lida

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.